Gimana Blog Ini ,,!!?

CARI APA SAJA DI BAWAH SINI

Senin, 08 Februari 2010

Ryanda, Dari Peserta Menjadi Mahasiswa..



Saya, Ryanda Yusuf, yang merupakan salah satu peserta dari lomba BCC tahun 2008 mewakili SMA Dharma Wanita beberapa tahun yang lalu, yang sekarang menimba ilmu di Kampus D3 Teknik Sipil ITS Surabaya. Saya ingin berbagi cerita pengalaman saya mengikuti lomba BCC.

Pada awalnya, saya sama sekali tidak mengerti mengenai konstruksi Teknik Sipil karena saya sendiri dari SMA, tapi semua itu ada masalah. Jika Kita memiliki Kemauan Kita Pasti Bisa..!!”. Dengan ketekunan dan keuletan saya berlatih serta dibantu dengan guru pembimbing, akhirnya saya memberanikan diri untuk mengikuti Lomba Tower Construction Competition (TCC) terlebih dahulu yang diadakan sebelum Lomba BCC. Akan tetapi pada Lomba TCC ini saya tidak mendapat juara. Namun hal tersebut tidak menurunkan semangat saya untuk mengikuti Lomba BCC yang memiliki lingkup lebih Luas dari TCC yaitu se-Jawa Bali (otomatis lebih banyak lagi team yang ikut serta).

Akhirnya Lomba BCC tiba, yang diadakan pada tanggal 29-30 Maret 2008 lalu. Dengan persiapan yang lebih matang lagi, saya mengikuti tahap Perakitan Jembatan pada tanggal 29 Maret di Kampus D3 Teknik Sipil ITS Surabaya dengan sukses. Saat itu tiap team disediakan 200 stik es krim, 100 stik sate, 3 tabung lem G dan lem kayu secukupnya serta waktu 6 jam untuk membuat Konstruksi Rangka Batang suatu Jembatan. Penilaian Konstruksi Jembatannya pun meliputi Penilaian Proposal dengan bobot 5%, Estetika 10%, Ketepatan Ukuran 15%, Efisiensi bahan 30% dan Kekuatan Jembatan dengan bobot 40%.

Foto-foto aksi Ryanda saat mengikuti lomba:




Pada tanggal 30 Maret 2008 di City of Tomorrow (CITO) Surabaya diadakan Penilaian Kekuatan Jembatan. Acara ini merupakan acara puncak dari Lomba BCC yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua peserta. Konstruksi Jembatan yang mereka buat akan diuji kekuatannya oleh panitia dengan menggunakan pembebanan timbal baja dan pembebanan pasir. Saat itu tak disangka jembatan yang saya buat mampu menerima beban sampai 168,7 kg. Dengan hasil tersebut saya mendapat juara dua.


foto Ryanda saat juara


Meskipun hanya juara dua tapi saya tetap bangga karena perjuangan yang saya siapkan selama ini tidak sia-sia. Selain itu saya juga mendapat hadiah tiga juta rupiah ditambah beasiswa satu semester jika nantinya meneruskan kuliah di D3 Teknik Sipil ITS Surabaya. Hal itu benar-benar saya rasakan sekarang ini. Mulai dari kuliah di ITS sampai sekarang menjadi panitia BCC 2010.

Saya yakin masih banyak siswa-siswi SMA/SMK sederajat yang mempunyai semangat dan kreatifitas yang lebih. Oleh sebab itu kami tunggu kedatangan adek-adek sekalian dalam Lomba Bridge Construction Competition (BCC) 2010 di Kampus D3 Teknik Sipil ITS Surabaya yang akan diadakan pada tanggal 20-21 Februari 2010 nanti, yang pastinya lebih variatif dan banyak inovasi dalam kemasan acaranya, tentunya semakin banyak hadiah yang menarik untuk diperebutkan.



Sukses Perlu Diperjuangkan…!!! Selamat Berjuang…!!!



by : Ryanda Yusuf
mahasiswa D3 Teknik Sipil FTSP ITS
angkatan 2009

Tidak ada komentar: